Laporan Hasil Wawancara



Laporan Hasil Wawancara

Hari, Tanggal Pelaksanaan     :   Sabtu, 26 Januari 2013.
Waktu Pelaksanaan                :   10.00 WIB – Selesai.
Tempat Pelaksanaan              :   Bangka Botanical Garden (BBG).
Narasumber                            :   Reflianto (Seksi Humas dan Manajer Peternakan di BBG).
Pewawancara                         :   Mutiara Pratama Putri.
Tema wawancara                   :   Kegiatan Peternakan di Bangka Botanical Garden (BBG).
Tujuan Wawancara                 :   Untuk mengetahui/mendapatkan informasi tentang kegiatan
    peternakan yang ada di Bangka Botanical Garden (BBG).

Hasil Wawancara
Bangka Botanical Garden adalah tempat dimana dilakukannya/dikembangkannya berbagai macam kegiatan ramah lingkungan/kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan seperti peternakan hewan, yaitu peternakan sapi dan ayam. Kegiatan yang dilakukan tsb. mempunyai tujuannya masing-masing. Misalnya, peternakan ayam. Jenis serta jumlah ayam yang ada di BBG sedikit sekali. Hal ini disebabkan karena peternakan ayam di BBG tsb. dilakukan semata-mata hanya untuk koleksi saja. Contohnya seperti “ayam batik” yang ada di BBG tsb. Ayam Batik tsb. semata-mata hanya untuk menunjukkan bahwa BBG juga mempunyai hewan jenis ayam.
Selain ayam, hewan yang diternak di BBG adalah sapi. Ada banyak jenis sapi yang diternak di BBG tsb., diantaranya adalah Sapi Bali, Sapi Brangus, dan Sapi Sentimental (Sapi Perah). Sapi-sapi ini dirawat dan diolah dengan baik disana. Jumlah sapi yang dirawat dan diolah di tempat tsb. kira-kira 24 ekor. Sapi-sapi tsb. dirawat dan diolah sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Misalnya, untuk pemerahan susu sapi dilakukan pada jam 6 pagi dan jam 4 sore.  Sedangkan untuk pemberian makan, biasanya dilakukan di pagi hari dan sore hari. Selain rumput biasa, sapi-sapi tsb. juga diberi berbagai macam makanan lainnya, diantaranya adalah rumput gajah yang kaya protein, vitamin, serta makanan yang berbentuk solid. Makanan berbentuk solid tsb. adalah makanan yang dibuat dan diolah dari sisa kelapa sawit. Dalam sehari, seekor sapi kira-kira diberi makan sebanyak 10 kilogram. Dalam sehari, seekor sapi biasanya menghasilkan 6 sampai 7 liter susu. Jadi, susu yang dihasilkan oleh semua sapi kira-kira 200 liter dalam sehari. Hampir semua bagian tubuh sapi tsb. bisa dimanfaatkan. Air kencing (air seni) dan kotoran sapi bisa dibuat dan diolah menjadi pupuk kompos. Selain itu, kotoran sapi juga bisa dimanfaatkan sebagai biogas. Daging sapi bisa dimanfaatkan sebagai makanan, sedangkan susunya bisa dimanfaatkan sebagai minuman. Kulit sapi bisa dimanfaatkan sebagai makanan, dan juga untuk membuat beduk.
Dalam perawatan dan pengolahan sapi-sapi tsb., tidak jarang juga sapi-sapi tsb. terserang berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit radang amping (puting). Penyakit ini adalah penyakit yang menyebabkan adanya pembengkakan pada amping (puting) sapi. Tentunya hal-hal tsb. (penyakit) dapat dihindari dan diatasi apabila dilakukan perawatan yang baik. Misalnya, pemberian makan dilakukan tepat pada waktunya, jumlah makanan yang diberikan juga sesuai (tidak kurang dan tidak lebih), dll.

Kesan dan Pesan
Kesan :
Saya terkesan. Dengan adanya Bangka Botanical Garden (BBG), kaum muda yang merupakan generasi bangsa menjadi terbuka wawasannya tentang keadaan lingkungan sekitar melalui sosialisasi/kunjungan yang dilakukan di tempat tsb. Selain itu, melalui kegiatan sosialisai/kunjungan yang dilakukan di tempat tsb. juga dapat memberikan berbagai dampak positif bagi kaum muda yang merupakan generasi penerus bangsa ini.
Pesan :
Tempat-tempat seperti Bangka Botanical Garden (BBG) ini perlu diperbanyak lagi. Karena, dengan adanya tempat-tempat seperti ini, kita bisa melakukan berbagai hal-hal positif yang akan membawa dampak yang baik bagi lingkungan sekitar. Selain itu, hewan-hewan serta tumbuhan-tumbuhan yang dirawat dan diolah juga sebaiknya diperbanyak jumlahnya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Dari 10 Konsep Geografi

Foto-foto imut+lucu member SUPER JUNIOR !!

Sejarah Lahirnya (Perkembangan) Sosiologi di Eropa dan Indonesia.

Kamus Bahasa Korea

Naskah Drama (4 Perempuan, 2 Laki-Laki)